Kolak mutiara

Gambar
  Resep Kolak Mutiara Kolak mutiara adalah salah satu hidangan penutup yang populer di Indonesia, terutama saat bulan Ramadan. Dengan rasa manis dan tekstur yang kenyal, kolak ini menjadi favorit banyak orang. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat kolak mutiara. Bahan-bahan Untuk Mutiara: 100 gram tepung ketan 50 ml air panas 1/4 sendok teh garam Pewarna makanan (opsional) Untuk Kuah: 500 ml santan (dari 1 butir kelapa) 200 gram gula merah, serut halus 1-2 lembar daun pandan, simpulkan 1/4 sendok teh garam 100 ml air Tambahan: Pisang matang (potong-potong, sesuai selera) Cara Membuat 1. Membuat Mutiara: 1. Dalam mangkuk, campurkan tepung ketan dan garam. Tambahkan air panas sedikit-sedikit hingga adonan bisa dipadatkan. 2. Jika menggunakan pewarna makanan, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna sesuai selera. 3. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran kelereng. 4. Rebus air dalam panci, masukkan bulatan ketan, masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Ayam bakar


 




Tentu! Berikut adalah artikel resep ayam bakar yang mudah dan lezat:


 Resep Ayam Bakar Spesial


Ayam bakar adalah salah satu hidangan yang selalu menjadi favorit karena rasa gurih dan aromanya yang menggugah selera. Dengan bumbu yang meresap dan teknik memasak yang tepat, Anda bisa membuat ayam bakar yang lezat di rumah. Berikut adalah resep ayam bakar spesial yang bisa Anda coba.

 

Bahan-Bahan:

- 1 ekor ayam utuh (sekitar 1,2 kg), potong menjadi 8 bagian

- 4 siung bawang putih, haluskan

- 6 butir bawang merah, haluskan

- 2 sendok makan kecap manis

- 1 sendok makan saus tiram

- 1 sendok makan air jeruk nipis

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula merah serut

- 1 sendok teh ketumbar bubuk

- 1 sendok teh merica bubuk

- 2 lembar daun salam

- 1 batang serai, memarkan

- 200 ml air

- 2 sendok makan minyak goreng


#### Cara Membuat:


1. **Marinasi Ayam:**

   - Dalam sebuah wadah, campurkan bawang putih, bawang merah, kecap manis, saus tiram, air jeruk nipis, garam, gula merah, ketumbar, dan merica. Aduk rata.

   - Lumuri potongan ayam dengan campuran bumbu tersebut hingga merata. Diamkan selama minimal 30 menit, atau lebih baik jika disimpan dalam kulkas selama 2 jam agar bumbu lebih meresap.


2. **Memasak Ayam:**

   - Panaskan minyak goreng dalam wajan di atas api sedang.

   - Tumis daun salam dan serai hingga harum.

   - Masukkan ayam yang telah dimarinasi bersama sisa bumbu dan air. Masak dengan api kecil hingga ayam matang dan bumbu meresap, sekitar 30-40 menit. Aduk sesekali agar ayam tidak gosong dan bumbu meresap merata.


3. **Membakar Ayam:**

   - Panaskan panggangan atau grill dengan api sedang.

   - Angkat ayam dari wajan dan tiriskan. Olesi ayam dengan sisa bumbu dan minyak.

   - Bakar ayam di atas panggangan, sambil sesekali diolesi dengan bumbu, hingga permukaan ayam berwarna kecokelatan dan berkaramelisasi, sekitar 10-15 menit di setiap sisi.


4. **Sajikan:**

   - Angkat ayam bakar dari panggangan dan biarkan selama beberapa menit agar bumbu sedikit meresap. Sajikan hangat dengan nasi putih dan lalapan segar.


---


Ayam bakar spesial ini cocok untuk makan malam keluarga atau acara spesial. Selamat mencoba dan semoga hidangan ini menjadi favorit baru di meja makan Anda!

ayam bakar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soto

Nasi uduk

Nasi pecel