Kolak mutiara

Gambar
  Resep Kolak Mutiara Kolak mutiara adalah salah satu hidangan penutup yang populer di Indonesia, terutama saat bulan Ramadan. Dengan rasa manis dan tekstur yang kenyal, kolak ini menjadi favorit banyak orang. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat kolak mutiara. Bahan-bahan Untuk Mutiara: 100 gram tepung ketan 50 ml air panas 1/4 sendok teh garam Pewarna makanan (opsional) Untuk Kuah: 500 ml santan (dari 1 butir kelapa) 200 gram gula merah, serut halus 1-2 lembar daun pandan, simpulkan 1/4 sendok teh garam 100 ml air Tambahan: Pisang matang (potong-potong, sesuai selera) Cara Membuat 1. Membuat Mutiara: 1. Dalam mangkuk, campurkan tepung ketan dan garam. Tambahkan air panas sedikit-sedikit hingga adonan bisa dipadatkan. 2. Jika menggunakan pewarna makanan, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna sesuai selera. 3. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran kelereng. 4. Rebus air dalam panci, masukkan bulatan ketan, masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Nasi kuning


 




Resep Nasi Kuning: Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah**


Nasi kuning adalah hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan warna kuning cerah dan rasa yang gurih. Biasanya disajikan pada acara-acara khusus seperti tumpengan, nasi kuning juga bisa dinikmati sebagai menu sehari-hari. Berikut adalah resep nasi kuning yang mudah diikuti untuk menghasilkan nasi kuning yang lezat.


### Bahan-Bahan


- 2 cup beras (cuci bersih)

- 2 ½ cup air

- 1 batang serai, memarkan

- 2 lembar daun salam

- 3 lembar daun jeruk

- 1 sdt kunyit bubuk

- 1 sdt kaldu bubuk (optional)

- 1 sdt garam

- 1 sdm minyak goreng atau margarin


### Bumbu Halus


- 4 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

- 1 cm jahe

- 1 cm kunyit (bisa diganti dengan kunyit bubuk)

- 1 sdt ketumbar


### Cara Membuat


1. **Menyiapkan Bumbu:** Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan ketumbar menggunakan blender atau cobek.


2. **Menumis Bumbu:** Panaskan minyak goreng atau margarin dalam wajan, kemudian tumis bumbu halus hingga harum dan matang.


3. **Memasak Nasi:** Masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam rice cooker atau panci, kemudian tambahkan air.


4. **Menambahkan Bumbu:** Tambahkan bumbu tumis, serai, daun salam, daun jeruk, kunyit bubuk, kaldu bubuk, dan garam ke dalam rice cooker atau panci. Aduk rata.


5. **Memasak:** Jika menggunakan rice cooker, tekan tombol “cook” dan biarkan nasi dimasak hingga matang. Jika menggunakan panci, tutup panci rapat dan masak dengan api kecil hingga airnya habis dan nasi matang. 


6. **Menyajikan:** Setelah nasi matang, aduk nasi kuning dengan sendok nasi agar bumbu merata. Sajikan hangat dengan pelengkap seperti ayam goreng, telur dadar, tempe, dan sambal.


Nasi kuning siap dinikmati! Anda bisa menambahkan pelengkap sesuai selera atau mengikuti tradisi lokal untuk menyajikannya dalam tumpengan. Selamat mencoba dan semoga hidangan ini menjadi favorit keluarga Anda!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soto

Nasi uduk

Nasi pecel