Kolak mutiara

Gambar
  Resep Kolak Mutiara Kolak mutiara adalah salah satu hidangan penutup yang populer di Indonesia, terutama saat bulan Ramadan. Dengan rasa manis dan tekstur yang kenyal, kolak ini menjadi favorit banyak orang. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat kolak mutiara. Bahan-bahan Untuk Mutiara: 100 gram tepung ketan 50 ml air panas 1/4 sendok teh garam Pewarna makanan (opsional) Untuk Kuah: 500 ml santan (dari 1 butir kelapa) 200 gram gula merah, serut halus 1-2 lembar daun pandan, simpulkan 1/4 sendok teh garam 100 ml air Tambahan: Pisang matang (potong-potong, sesuai selera) Cara Membuat 1. Membuat Mutiara: 1. Dalam mangkuk, campurkan tepung ketan dan garam. Tambahkan air panas sedikit-sedikit hingga adonan bisa dipadatkan. 2. Jika menggunakan pewarna makanan, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna sesuai selera. 3. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran kelereng. 4. Rebus air dalam panci, masukkan bulatan ketan, masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Bakwan





Tentu! Berikut adalah artikel resep bakwan yang mudah diikuti:


Resep Bakwan Sayur


Bakwan sayur adalah camilan gorengan yang lezat dan mudah dibuat. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan proses yang cepat, bakwan sayur cocok untuk menjadi teman santai di rumah. Berikut resepnya:


### Bahan-bahan:

- 200 gram tepung terigu

- 1 butir telur

- 1/2 sendok teh baking powder

- 1 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh lada bubuk

- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (opsional)

- 200 ml air (sesuaikan dengan kekentalan adonan)

- 2 batang daun bawang, iris halus

- 1 buah wortel, serut halus

- 1/2 buah kol, iris tipis

- 2 siung bawang putih, cincang halus

- Minyak goreng secukupnya


### Cara Membuat:


1. **Siapkan Adonan:** Dalam sebuah mangkuk besar, campurkan tepung terigu, baking powder, garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk rata.


2. **Tambahkan Telur dan Air:** Pecahkan telur ke dalam campuran tepung, lalu tuangkan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi kental dan tidak bergerindil.


3. **Masukkan Sayuran:** Tambahkan daun bawang, wortel, kol, dan bawang putih ke dalam adonan. Aduk rata sehingga sayuran terbalut adonan dengan baik.


4. **Panaskan Minyak:** Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng bakwan.


5. **Goreng Bakwan:** Ambil satu sendok makan adonan dan tuangkan ke dalam minyak panas. Goreng hingga bakwan berwarna kecokelatan dan matang merata, sekitar 3-4 menit per sisi. Angkat dan tiriskan.


6. **Sajikan:** Bakwan sayur siap disajikan selagi hangat. Nikmati dengan saus sambal atau cocolan kesukaan Anda.


Selamat mencoba membuat bakwan sayur! Resep ini bisa disesuaikan dengan berbagai jenis sayuran sesuai selera.

bakawan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soto

Nasi uduk

Nasi pecel