Kolak mutiara

Gambar
  Resep Kolak Mutiara Kolak mutiara adalah salah satu hidangan penutup yang populer di Indonesia, terutama saat bulan Ramadan. Dengan rasa manis dan tekstur yang kenyal, kolak ini menjadi favorit banyak orang. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat kolak mutiara. Bahan-bahan Untuk Mutiara: 100 gram tepung ketan 50 ml air panas 1/4 sendok teh garam Pewarna makanan (opsional) Untuk Kuah: 500 ml santan (dari 1 butir kelapa) 200 gram gula merah, serut halus 1-2 lembar daun pandan, simpulkan 1/4 sendok teh garam 100 ml air Tambahan: Pisang matang (potong-potong, sesuai selera) Cara Membuat 1. Membuat Mutiara: 1. Dalam mangkuk, campurkan tepung ketan dan garam. Tambahkan air panas sedikit-sedikit hingga adonan bisa dipadatkan. 2. Jika menggunakan pewarna makanan, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna sesuai selera. 3. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran kelereng. 4. Rebus air dalam panci, masukkan bulatan ketan, masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Apple pie


 



Resep Apple Pie Klasik


Apple pie adalah salah satu hidangan penutup yang ikonik dan disukai banyak orang. Berikut adalah resep untuk membuat apple pie klasik yang lezat.


#### Bahan-Bahan


**Untuk Kulit Pie:**

- 250 gram tepung terigu serbaguna

- 125 gram mentega dingin, potong dadu

- 50 gram gula pasir

- 1/4 sendok teh garam

- 1 butir telur, kocok

- 2-3 sendok makan air es (jika diperlukan)


**Untuk Isian Apel:**

- 6-7 buah apel Granny Smith, kupas dan potong tipis

- 100 gram gula pasir

- 2 sendok makan tepung maizena

- 1 sendok teh kayu manis bubuk

- 1/4 sendok teh cengkeh bubuk (opsional)

- 1 sendok makan air lemon

- 1/4 sendok teh garam

- 1 sendok makan mentega, dipotong kecil-kecil


**Untuk Olesan:**

- 1 kuning telur, kocok

- 1 sendok makan susu

- 1 sendok makan gula pasir (untuk taburan)


#### Cara Membuat


**1. Menyiapkan Kulit Pie:**

1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam dalam mangkuk besar.

2. Tambahkan potongan mentega dingin. Gunakan pisau pastry atau ujung jari untuk mencampur mentega hingga campuran menyerupai remah-remah kasar.

3. Tambahkan telur kocok dan aduk hingga mulai membentuk adonan. Jika adonan terlalu kering, tambahkan air es sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipadatkan.

4. Bagi adonan menjadi dua bagian, pipihkan masing-masing menjadi bentuk cakram, bungkus dengan plastik wrap, dan simpan di kulkas selama minimal 30 menit.


**2. Menyiapkan Isian Apel:**

1. Campurkan potongan apel dengan gula pasir, tepung maizena, kayu manis, cengkeh, air lemon, dan garam dalam mangkuk besar. Aduk rata dan biarkan selama 15 menit.


**3. Membentuk Pie:**

1. Panaskan oven pada suhu 190°C (375°F).

2. Ambil satu bagian adonan dari kulkas dan giling di atas permukaan yang ditaburi tepung hingga membentuk lingkaran yang cukup besar untuk melapisi dasar dan sisi loyang pie.

3. Tempatkan adonan di dalam loyang pie yang telah diolesi mentega. Ratakan adonan dan potong kelebihan yang menggantung.

4. Tuangkan isian apel ke dalam kulit pie, ratakan dan letakkan potongan mentega di atasnya.

5. Ambil bagian adonan kedua dari kulkas, giling hingga membentuk lingkaran. Tempatkan adonan ini di atas isian apel. Rapikan tepinya dan buat beberapa lubang kecil di atas adonan untuk ventilasi.

6. Oleskan campuran kuning telur dan susu di atas kulit pie. Taburi dengan gula pasir.


**4. Memanggang Pie:**

1. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama 45-55 menit atau hingga kulit pie berwarna keemasan dan isian apel terlihat berbuih.

2. Jika tepi pie terlalu cepat kecoklatan, tutupi dengan aluminium foil selama proses pemanggangan.

3. Setelah matang, biarkan pie dingin selama beberapa jam sebelum dipotong agar isian mengeras sedikit.


Nikmati apple pie ini dalam keadaan hangat atau suhu ruangan. Anda bisa menambahkannya dengan es krim vanila untuk pengalaman makan yang lebih spesial. Selamat mencoba!

apple pie

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soto

Nasi uduk

Nasi pecel