Kolak mutiara

Gambar
  Resep Kolak Mutiara Kolak mutiara adalah salah satu hidangan penutup yang populer di Indonesia, terutama saat bulan Ramadan. Dengan rasa manis dan tekstur yang kenyal, kolak ini menjadi favorit banyak orang. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat kolak mutiara. Bahan-bahan Untuk Mutiara: 100 gram tepung ketan 50 ml air panas 1/4 sendok teh garam Pewarna makanan (opsional) Untuk Kuah: 500 ml santan (dari 1 butir kelapa) 200 gram gula merah, serut halus 1-2 lembar daun pandan, simpulkan 1/4 sendok teh garam 100 ml air Tambahan: Pisang matang (potong-potong, sesuai selera) Cara Membuat 1. Membuat Mutiara: 1. Dalam mangkuk, campurkan tepung ketan dan garam. Tambahkan air panas sedikit-sedikit hingga adonan bisa dipadatkan. 2. Jika menggunakan pewarna makanan, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna sesuai selera. 3. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran kelereng. 4. Rebus air dalam panci, masukkan bulatan ketan, masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Donat


 



Resep Donat Klasik


Donat adalah salah satu kudapan yang sangat populer dan mudah dinikmati kapan saja. Berikut adalah resep donat klasik yang bisa Anda coba di rumah.


Bahan-Bahan:

- 250 gram tepung terigu protein tinggi

- 50 gram gula pasir

- 1 sendok makan ragi instan

- 1/2 sendok teh garam

- 1 butir telur

- 100 ml susu cair hangat

- 50 gram mentega, lelehkan

- Minyak goreng secukupnya


Untuk Hiasan:

- Gula halus

- Cokelat leleh

- Sprinkles atau topping sesuai selera


Langkah langkah nya:


1. **Campur Bahan Kering**: Dalam sebuah mangkuk besar, campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam. Aduk hingga rata.


2. **Campur Bahan Basah**: Dalam mangkuk lain, kocok telur dan susu cair hangat hingga tercampur rata.


3. **Buat Adonan**: Tuangkan campuran bahan basah ke dalam bahan kering. Aduk hingga bahan-bahan tercampur rata dan membentuk adonan. Tambahkan mentega leleh dan uleni adonan selama sekitar 10 menit hingga kalis dan elastis.


4. **Fermentasi**: Tutup adonan dengan kain bersih dan biarkan di tempat hangat selama 1-1,5 jam, atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.


5. **Bentukkan Donat**: Setelah adonan mengembang, kempiskan dan giling adonan hingga ketebalan sekitar 1 cm. Gunakan cetakan donat atau gelas untuk memotong adonan menjadi bentuk bulat dengan lubang di tengah. Letakkan donat yang telah dipotong di atas kertas roti dan diamkan selama 30 menit.


6. **Goreng Donat**: Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng donat hingga kedua sisi berwarna kecokelatan dan matang. Angkat dan tiriskan pada kertas dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.


7. **Hias Donat**: Setelah donat dingin, Anda bisa menaburi gula halus atau mencelupkannya dalam cokelat leleh dan menambahkan sprinkles atau topping lainnya sesuai selera.


8. **Sajikan**: Nikmati donat buatan sendiri ini sebagai camilan atau hidangan penutup yang lezat.


Selamat mencoba resep donat klasik ini! Anda bisa menyesuaikan topping dan isian sesuai dengan selera pribadi untuk variasi yang lebih beragam.

resep membuat donat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soto

Nasi uduk

Nasi pecel