Kolak mutiara

Gambar
  Resep Kolak Mutiara Kolak mutiara adalah salah satu hidangan penutup yang populer di Indonesia, terutama saat bulan Ramadan. Dengan rasa manis dan tekstur yang kenyal, kolak ini menjadi favorit banyak orang. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat kolak mutiara. Bahan-bahan Untuk Mutiara: 100 gram tepung ketan 50 ml air panas 1/4 sendok teh garam Pewarna makanan (opsional) Untuk Kuah: 500 ml santan (dari 1 butir kelapa) 200 gram gula merah, serut halus 1-2 lembar daun pandan, simpulkan 1/4 sendok teh garam 100 ml air Tambahan: Pisang matang (potong-potong, sesuai selera) Cara Membuat 1. Membuat Mutiara: 1. Dalam mangkuk, campurkan tepung ketan dan garam. Tambahkan air panas sedikit-sedikit hingga adonan bisa dipadatkan. 2. Jika menggunakan pewarna makanan, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna sesuai selera. 3. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran kelereng. 4. Rebus air dalam panci, masukkan bulatan ketan, masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Nasi liwet



 




**Resep Nasi Liwet: Makanan Tradisional yang Menggugah Selera**


Nasi liwet adalah hidangan nasi khas Indonesia yang dikenal karena rasanya yang lezat dan cara memasaknya yang unik. Hidangan ini biasanya disajikan dalam acara-acara spesial dan memiliki cita rasa yang khas. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat nasi liwet yang bisa Anda coba di rumah.


### Bahan-Bahan:

- 2 cup beras

- 2 lembar daun salam

- 2 batang serai, memarkan

- 3 lembar daun pandan

- 2 cm lengkuas, memarkan

- 4 siung bawang putih, cincang halus

- 4 butir bawang merah, cincang halus

- 1 sendok makan garam

- 1 sendok teh kaldu bubuk (opsional)

- 1 sendok makan minyak goreng atau margarin

- 4 cup air

- 200 gram ayam atau ikan (opsional, untuk tambahan protein)

- 1 buah tomat, potong-potong (opsional)


### Cara Membuat:


1. **Persiapan Beras:**

   - Cuci bersih beras hingga air cucian tidak keruh. Tiriskan.


2. **Menumis Bumbu:**

   - Panaskan minyak goreng atau margarin dalam wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berubah warna.


3. **Menyiapkan Nasi:**

   - Masukkan daun salam, serai, daun pandan, dan lengkuas ke dalam rice cooker. Tambahkan beras yang sudah dicuci, tumisan bawang, garam, dan kaldu bubuk jika menggunakan.


4. **Menambahkan Air:**

   - Tuangkan air ke dalam rice cooker. Aduk rata semua bahan.


5. **Memasak Nasi:**

   - Jika Anda ingin menambahkan ayam atau ikan, letakkan di atas beras sebelum memulai proses memasak. Anda juga bisa menambahkan potongan tomat jika suka.

   - Tutup rice cooker dan masak dengan fungsi "cook" hingga nasi matang. Setelah itu, biarkan nasi di dalam rice cooker selama 10 menit agar bumbu meresap dengan baik.


6. **Menyajikan:**

   - Aduk nasi liwet sebelum disajikan agar bumbu merata. Sajikan nasi liwet hangat bersama lauk-pauk favorit Anda.


### Tips:

- Jika Anda menggunakan daging atau ikan, pastikan untuk memasaknya hingga matang sempurna agar rasa nasi liwet lebih nikmat.

- Untuk variasi rasa, Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti kacang tanah goreng atau sambal sebagai pelengkap.


Nasi liwet siap dinikmati sebagai hidangan utama yang memuaskan. Selamat mencoba dan semoga sajian ini bisa menambah kehangatan dalam setiap momen spesial Anda!

nasi liwet

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soto

Nasi uduk

Nasi pecel