Kolak mutiara

Gambar
  Resep Kolak Mutiara Kolak mutiara adalah salah satu hidangan penutup yang populer di Indonesia, terutama saat bulan Ramadan. Dengan rasa manis dan tekstur yang kenyal, kolak ini menjadi favorit banyak orang. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat kolak mutiara. Bahan-bahan Untuk Mutiara: 100 gram tepung ketan 50 ml air panas 1/4 sendok teh garam Pewarna makanan (opsional) Untuk Kuah: 500 ml santan (dari 1 butir kelapa) 200 gram gula merah, serut halus 1-2 lembar daun pandan, simpulkan 1/4 sendok teh garam 100 ml air Tambahan: Pisang matang (potong-potong, sesuai selera) Cara Membuat 1. Membuat Mutiara: 1. Dalam mangkuk, campurkan tepung ketan dan garam. Tambahkan air panas sedikit-sedikit hingga adonan bisa dipadatkan. 2. Jika menggunakan pewarna makanan, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna sesuai selera. 3. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran kelereng. 4. Rebus air dalam panci, masukkan bulatan ketan, masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Brownies


 



Tentu! Berikut adalah resep sederhana untuk membuat brownies yang lezat:


Resep Brownies Cokelat


Bahan-Bahan:


200 gram dark chocolate, cincang halus


115 gram mentega


200 gram gula pasir


2 butir telur


1 sendok teh ekstrak vanila


130 gram tepung terigu


30 gram bubuk kakao


1/4 sendok teh garam


1/2 sendok teh baking powder


100 gram kacang kenari (opsional), cincang kasar


Langkah-Langkah:


1. Panaskan Oven: Panaskan oven pada suhu 175°C (350°F). Siapkan loyang ukuran 20x20 cm, lapisi dengan kertas roti, atau olesi dengan mentega.


2. Lelehkan Cokelat dan Mentega: Dalam sebuah mangkuk tahan panas, gabungkan dark chocolate dan mentega. Lelehkan dengan cara ditim (double boiler) atau dalam microwave dengan interval 30 detik, aduk hingga rata dan halus.


3. Campurkan Gula dan Telur: Dalam mangkuk besar, kocok gula pasir dan telur hingga campuran menjadi kental dan berwarna pucat. Tambahkan ekstrak vanila dan aduk rata.


4. Gabungkan Campuran Cokelat: Tuangkan campuran cokelat yang telah dilelehkan ke dalam campuran gula dan telur. Aduk hingga merata

5. Tambahkan Bahan Kering: Ayak tepung

 terigu, bubuk kakao, garam, dan baking powder. Masukkan ke dalam campuran cokelat dan aduk dengan spatula hingga rata. Jika menggunakan, tambahkan kacang kenari cincang dan aduk kembali.


6. Tuang Adonan ke Loyang: Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Ratakan permukaannya dengan spatula.


7. Panggang: Panggang dalam oven yang telah dipanaskan selama 20-25 menit, atau hingga bagian tengahnya hampir set. Tes dengan tusuk gigi; jika ada sedikit remah lembut yang menempel, brownies sudah siap


8. Dinginkan dan Sajikan: Biarkan brownies dingin di dalam loyang sebelum dipotong-potong. Potong sesuai selera dan sajikan.


Selamat mencoba! Brownies ini akan memberi

kan tekstur fudgy yang lezat dengan rasa cokelat yang kaya.


<\p>

brownies

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soto

Nasi uduk

Nasi pecel