Kolak mutiara

Gambar
  Resep Kolak Mutiara Kolak mutiara adalah salah satu hidangan penutup yang populer di Indonesia, terutama saat bulan Ramadan. Dengan rasa manis dan tekstur yang kenyal, kolak ini menjadi favorit banyak orang. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat kolak mutiara. Bahan-bahan Untuk Mutiara: 100 gram tepung ketan 50 ml air panas 1/4 sendok teh garam Pewarna makanan (opsional) Untuk Kuah: 500 ml santan (dari 1 butir kelapa) 200 gram gula merah, serut halus 1-2 lembar daun pandan, simpulkan 1/4 sendok teh garam 100 ml air Tambahan: Pisang matang (potong-potong, sesuai selera) Cara Membuat 1. Membuat Mutiara: 1. Dalam mangkuk, campurkan tepung ketan dan garam. Tambahkan air panas sedikit-sedikit hingga adonan bisa dipadatkan. 2. Jika menggunakan pewarna makanan, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna sesuai selera. 3. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran kelereng. 4. Rebus air dalam panci, masukkan bulatan ketan, masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Pepes tahu


 




Resep Pepes Tahu


Pepes tahu adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari tahu yang dibumbui dan dikukus dalam daun pisang. Masakan ini terkenal dengan rasa yang kaya dan aroma yang sedap. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat pepes tahu di rumah.


**Bahan-bahan:**

- 4 buah tahu putih, hancurkan

- 2 butir telur

- 1 batang daun bawang, iris halus

- 1 buah cabai merah, iris tipis (sesuai selera)

- 1 buah cabai hijau, iris tipis (sesuai selera)

- 2 siung bawang putih, haluskan

- 3 siung bawang merah, haluskan

- 1 sendok teh ketumbar bubuk

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula pasir

- 1 sendok makan air asam jawa (opsional)

- Daun pisang secukupnya, untuk membungkus


**Cara Membuat:**


1. **Persiapan Tahu:**

   - Hancurkan tahu dengan garpu hingga halus. Anda bisa menambahkan sedikit air jika tahu terlalu kering.


2. **Membuat Adonan:**

   - Campurkan tahu hancur dengan telur, daun bawang, cabai merah, cabai hijau, bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, gula, dan air asam jawa (jika menggunakan). Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.


3. **Membungkus Pepes:**

   - Potong daun pisang menjadi ukuran sekitar 15x15 cm. Layangkan daun pisang, kemudian letakkan beberapa sendok adonan tahu di atasnya. Lipat daun pisang hingga menutupi adonan dan rapatkan dengan cara melipat sisi-sisinya.


4. **Mengukus:**

   - Kukus pepes tahu selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang dan aroma daun pisang menyerap ke dalam tahu.


5. **Sajikan:**

   - Setelah matang, angkat pepes dari kukusan dan buka daun pisang. Sajikan pepes tahu selagi hangat dengan nasi putih.


**Tips:**

- Untuk hasil yang lebih maksimal, pastikan daun pisang dalam keadaan bersih dan layu dengan cara dipanggang sebentar di atas kompor.

- Anda dapat menambahkan bahan lain seperti irisan tomat atau bumbu lain sesuai selera.


Selamat mencoba! Pepes tahu ini cocok untuk disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai hidangan utama yang lezat.

pepes tahu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soto

Nasi uduk

Nasi pecel