Kolak mutiara

Gambar
  Resep Kolak Mutiara Kolak mutiara adalah salah satu hidangan penutup yang populer di Indonesia, terutama saat bulan Ramadan. Dengan rasa manis dan tekstur yang kenyal, kolak ini menjadi favorit banyak orang. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat kolak mutiara. Bahan-bahan Untuk Mutiara: 100 gram tepung ketan 50 ml air panas 1/4 sendok teh garam Pewarna makanan (opsional) Untuk Kuah: 500 ml santan (dari 1 butir kelapa) 200 gram gula merah, serut halus 1-2 lembar daun pandan, simpulkan 1/4 sendok teh garam 100 ml air Tambahan: Pisang matang (potong-potong, sesuai selera) Cara Membuat 1. Membuat Mutiara: 1. Dalam mangkuk, campurkan tepung ketan dan garam. Tambahkan air panas sedikit-sedikit hingga adonan bisa dipadatkan. 2. Jika menggunakan pewarna makanan, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna sesuai selera. 3. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran kelereng. 4. Rebus air dalam panci, masukkan bulatan ketan, masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Abon sapi


 




Resep Abon Sapi


Abon sapi adalah hidangan kering yang terbuat dari daging sapi yang dimasak hingga empuk, kemudian diolah hingga kering dengan bumbu-bumbu yang kaya rasa. Abon sapi sering dijadikan lauk pendamping nasi, sebagai isi roti, atau bahkan camilan. Berikut ini adalah resep abon sapi yang bisa Anda coba di rumah.


#### Bahan-bahan:

- 500 gram daging sapi (potong kecil-kecil)

- 1 liter air

- 2 lembar daun salam

- 2 batang serai (memarkan)

- 3 cm lengkuas (memarkan)

- 2 sendok makan air asam jawa (dari 2 sendok makan asam jawa + 2 sendok makan air)

- 3 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula merah (serut halus)

- 1 sendok teh gula pasir

- 1 sendok teh ketumbar bubuk

- 1 sendok teh kunyit bubuk

- 4 siung bawang merah (haluskan)

- 3 siung bawang putih (haluskan)

- 5 buah cabai merah (haluskan, sesuai selera)

- 1 sendok teh kaldu bubuk (opsional)


#### Cara Membuat:


1. **Rebus Daging:**

   - Rebus daging sapi dengan air, daun salam, serai, dan lengkuas hingga daging empuk dan air berkurang hampir habis. Angkat dan tiriskan.


2. **Giling Daging:**

   - Setelah daging agak dingin, giling atau suwir-suwir daging hingga halus. Pastikan daging benar-benar kering dan terpisah dari lemaknya.


3. **Tumis Bumbu:**

   - Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah hingga harum. Tambahkan ketumbar bubuk, kunyit bubuk, dan garam. Aduk rata.


4. **Campur Daging dan Bumbu:**

   - Masukkan daging sapi yang sudah digiling ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga bumbu meresap dan daging mulai kering. Tambahkan gula merah, gula pasir, air asam jawa, dan kaldu bubuk jika menggunakan. Aduk terus hingga daging benar-benar kering dan bumbu tercampur rata.


5. **Keringkan Abon:**

   - Setelah bumbu meresap dan daging hampir kering, kecilkan api dan terus aduk hingga daging benar-benar kering dan berwarna kecoklatan. Proses ini memerlukan kesabaran, karena abon harus benar-benar kering agar tahan lama.


6. **Simpan dan Sajikan:**

   - Angkat dan biarkan dingin. Simpan dalam wadah kedap udara agar abon tetap krispi. Sajikan abon sapi sebagai lauk, isian roti, atau camilan.


Selamat mencoba! Abon sapi ini pasti akan menjadi hidangan yang lezat dan bergizi untuk keluarga Anda.

ABON SAPI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soto

Nasi uduk

Nasi pecel